Otomotife

Xpander Raih Prediket Car of the Year 2018 di Otomotif Award

JAKARTA - Kendaraan small-MPV Mitsubishi Motors pertama, Xpander, meraih penghargaan 'Car of the Year' (COTY) di ajang 11th Otomotif Award. Xpander menyusul model SUV Pajero Sport yang menerima penghargaan tertinggi pada 2016 lalu dari ajang yang sama.

Sebelum meraih penghargaan COTY 2018, Xpander menjadi yang terbaik di kategorinya dan berhasil meraih penghargaan 'Best Low MPV' dan 'Best of The Best MPV'.

Pemimpin Redaksi Tabloid Otomotif Panji Maulana mengatakan ajang Otomotif Award menerapkan kriteria khusus untuk penilaian dan pemilihan Car of The Year. Tentu saja kandidatnya dipilih dari pemenang di masing?masing kelas/kategori dan dilakukan evaluasi dari berbagai aspek lebih lanjut.

Sementara pengujiannya dilakukan dengan metode khusus yang yang menggunakan beberapa faktor penilaian seperti desain, fitur, performa, handling, konsumsi bahan bakar, harga, dan faktor kebaruan.

"Selain itu, redaksi Otomotif Tabloid juga mempertimbangkan berbagai aspek seperti penerimaan masyarakat, termasuk penjualan, engagement dengan konsumen termasuk komunitas, dan juga value for money terbaik untuk konsumen" ujar Panji.

Penghargaan COTY 2018 diterima langsung oleh President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Kyoya Kondo. Dengan diterimanya penghargaan di ajang ini, Xpander telah mendapatkan total lima penghargaan dari berbagai media massa dan institusi nasional sejak peluncurannya pada 2017.

Saat memberi sambutan di ajang Otomotif Award, Kondo mengatakan, Xpander lahir dari harapan dan keinginan masyarakat Indonesia akan model small?MPV yang ideal. Penghargaan Car of The Year yang diterima Xpander membuktikan bahwa produk ini dapat memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen akan small MPV dan mobil keluarga di Indonesia.

"Kami mendedikasikan penghargaan ini kepada pelanggan setia kami dari Mitsubishi dan pelanggan Indonesia atas dukungan, kepercayaan, dan penerimaan mereka yang besar terhadap Xpander. Kami berkomitmen untuk selalu menyediakan produk yang baik dengan pengalaman penjualan dan purna jual yang luar biasa bagi pelanggan kami di Indonesia," sambungnya.

Selain penghargaan, Xpander juga membukukan catatan manis di sektor penjualan. Berdasarkan data yang diterima detikOto, Mitsubishi mencatat sekitar 60.000 unit Xpander sudah terpesan. Xpander juga berhasil menduduki peringkat teratas segmen small-MPV dengan total wholesale 14.479 unit pada periode Januari-Februari 2018. Melihat data penjualan yang positif, Xpander pun dijadwalkan untuk diekspor dan diluncurkan di pasar Filipina pada Mei 2018.

Xpander diproduksi di pabrik perakitan Mitsubishi Motors yang terletak di kawasan industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat dengan besaran konten lokal yang mencapai 67%. Untuk memenuhi permintaan konsumen, baik di Indonesia maupun pasar ekspor, saat ini kapasitas produksi pabrik Xpander pun telah ditingkatkan hingga 10.000 unit per bulan.

Ada beberapa konsep utama kendaraan Xpander. Pertama, desain atraktif yang mengombinasikan desain eksterior tangguh dan dinamis dengan interior yang modern, mewah, dan lapang serta memiliki banyak fungsi dan kegunaan layaknya MPV masa depan.

Selanjutnya, ruang kabin lapang dan nyaman yang terbesar di kelasnya sehingga menjadi kendaraan yang cocok untuk keluarga. Selain itu, dilengkapi dengan armrest fungsional, kemudahan akses keluar?masuk, posisi duduk nyaman di semua baris, lantai bagasi yang dapat direbahkan tanpa celah, serta ruang bagasi luas dan serbaguna.

Kemudian interior fungsional yang menyediakan banyak tempat penyimpanan serbaguna, kemudahan power outlet untuk semua baris, fleksibilitas pengaturan posisi mengemudi, sistem operasi keyless, serta sistem hiburan yang menunjang suasana kabin yang baik.

Terakhir, Xpander memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Xpander ditunjang dengan performa berkendara stabil dan nyaman, ruang kabin yang senyap, mesin bertenaga dan efisien, serta beragam fitur kemananan yang terdapat di Xpander.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan bahwa Xpander mendapat peringkat Bintang 4 dari ASEAN New Car Asessment Program (NCAP). Model ini adalah MPV Mitsubishi pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP. Secara keseluruhan, Xpander memperoleh skor 71,66 poin.

Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), Xpander juga mencetak 39,08 poin, pada kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) dan 13,89 poin pada kategori Safety Assist Technologies.*

Penghargaan yang diterima Xpander antara lain:

1. Car of The Year, Otomotif Awards 2018
2. Best of The Best MPV, Otomotif Awards 2018
3. Best Low MPV, Otomotif Awards 2018
4. New Kid on The Road of The Year, ICar Asia People's choice Awards 2017
5. 1st Winner Favorite Car, GIIAS 2017